Secara garis besarnya, Sistem pembelajaran di PKBM Sekolah Ar Rahmah, adalah sebagai berikut:
Moda Pembelajaran
Peserta didik di PKBM Sekolah Ar Rahmah diberi kesempatan untuk bisa melaksanakan kegiatan belajar yang maksimal sesuai kebutuhan dan latar belakang masing-masing peserta didik, melalui dua moda belajar yakni:
1. Kelas Regular
Kelas Regular merupakan program kelas dengan penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimana dalam satu kelompok belajar terdiri 2-6 orang peserta didik. KBM ini dilaksanakan secara tatap muka dengan tutor (melalui luring ataupun daring). KBM kelas bersama dilakukan sebanyak 2x pertemuan dalam seminggu, dengan durasi belajar setiap kali pertemuan adalah 4 x 45 menit.
2. Kelas Mandiri
Kelas Mandiri merupakan program kelas dengan Kegiatan Belajar Mengajar tanpa didampingi oleh Tutor dari PKBM Sekolah Ar Rahmah. KBM dilakukan secara mandiri dimanapun dan kapanpun. Pesert didik akan mendapatkan modul pembelajaran sebanyak 2 kali dalam satu bulan. Peserta didik kemudian mengikuti ujian per modulnya.
Jadwal Pembelajaran
Kekerapan KBM setiap mata pelajaran di PKBM Sekolah Ar Rahmah dijadwalkan sesuai dengan bobot SKK setiap mata pelajaran. Mata pelajaran yang akan dibahas di tiap tanggal akan diumumkan di awal tahun ajaran, sehingga peserta didik akan dapat bersiap mengikuti mata pelajaran tersebut.
Waktu Pembelajaran
Ada beberapa pilihan waktu pembelajaran tatap muka di PKBM Sekolah Ar Rahmah, antara lain:
- Hari Senin dan Rabu, Kelas Sesi Pagi (08.30-12.00)
- Hari Senin dan Rabu, Kelas Sesi Siang (14.00-18.00)
- Hari Selasa dan Kamis, Kelas Sesi Pagi (08.30-12.00)
- Hari Selasa dan Kamis, Kelas Sesi Siang (14.00-18.00)
PKBM Sekolah Ar Rahmah mengakomodasi peserta didik yang bekerja di hari Senin-Jumat, sehingga pembelajaran tatap muka diadakan tiap hari Sabtu dan Minggu. Waktu pembelajaran tatap muka, yaitu
- Hari Sabtu dan Minggu, Kelas Sesi Pagi (08.30-12.00)
- Hari Sabtu dan Minggu, Kelas Sesi Siang (14.00-18.00)
Setiap 45 menit ada jeda istirahat selama 10 menit. Jadwal lengkap sebagai berikut:
| Kelas |
Jam KBM |
Kegiatan |
Sesi ke-1
(Kelas Pagi) |
08.30 - 09.15 |
KBM-1 |
| 09.15 - 09.25 |
Istirahat |
| 09.25 - 10.10 |
KBM-2 |
| 10-10 - 10.20 |
Istirahat |
| 10.20 - 11.05 |
KBM-3 |
| 11.05 - 11.15 |
Istirahat |
| 11.15 - 12.00 |
KBM-4 |
| Ishoma |
Sesi ke-2
(Kelas Siang) |
14.00 - 14.45 |
KBM-1 |
| 14.45 - 14.55 |
Istirahat |
| 14.55 - 15.40 |
KBM-2 |
| 15.40 - 16.20 |
Sholat Asar |
| 16.20 - 17.05 |
KBM-3 |
| 17.05 - 17.15 |
Istirahat |
| 17.15 - 18.00 |
KBM-4 |
Waktu pembelajaran daring disesuaikan dengan suara terbanyak rombongan belajar, sedangkan kegiatan ekstrakurikuler dijadwalkan di luar Waktu belajar.
Kurikulum
Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum standar yang berlaku secara nasional di negara kesatuan Republik Indonesia.
Modul Ajar
Modul ajar di PKBM Sekolah Ar Rahmah berbentuk elektronik disediakan dan dapat diunduh secara gratis oleh peserta didik. Jika PKBM Sekolah Ar Rahmah menganggap diperlukan modul/bahan ajar berbentuk fisik agar memudahkan peserta didik untuk belajar, maka PKBM Sekolah Ar Rahmah akan membagikannya secara bebas biaya.
Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar
- Dalam Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar, relawan tutor membawa pengetahuannya di industri tempatnya berkarya, untuk memperkaya pengetahuan yang perlu diberikan menurut kurikulum yang berlaku. Berbagai praktik diimplementasikan dan diterapkannya diskusi sesuai dengan konteks sehari-hari.
- Di beberapa mata pelajaran, diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Learning atau Differentiated Instruction). Di mata pelajaran Bahasa Inggris, misalnya, kelas akan dipisah sesuai dengan kesiapan belajar yang direkomendasikan hasil tes penempatan.
- Prinsip Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning) banyak diterapkan di PKBM Sekolah Ar Rahmah.
- Setelah dilakukan proses pembelajaran selama satu semester, maka. PKBM Sekolah AR Rahmah akan menyelenggarakan Ujian Semester untuk penilaian akhir pembelajaran.
Pemilihan jenis pembelajaran di PKBM Sekolah AR Rahmah mempertimbangkan beberapa faktor, yaitu:
- Karakteristik peserta didik: usia, gaya belajar, kebutuhan belajar, dan latar belakang pendidikan.
- Kurikulum: tujuan pembelajaran dan materi yang harus diajarkan.
- Sumber daya: ketersediaan tutor, fasilitas belajar, dan teknologi.
Penjelasan lebih terperinci dijelaskan saat Induksi Peserta Didik Baru di awal tahun ajaran.